TABLIGHUL ISLAMiYAH Memperingati maulid nabi Muhamad SAW 1446 H-2023.M


Kamis 28 Nopember 2023 www.suaradaerah.id
 
Masjid Al-Muhajirin  batu galing kelurahan batu galing memperingati hari maulid nabi Muhammad Saw. 
 
Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan maulid nabi Muhammad Saw, panitia melaksanakan kegiatan lomba pengajian untuk anak tingkat TK SD dan SMP.
 
Acara juga di hadiri  undangan dari pengurus masjid dari kelurahan tetangga.
Acara juga di isi siraman rohani dengan ustadz Dayu warcansa Alumni pondok pesantren  Al mubassyir Bandung .  

Dalam isi tausiah ustadz Dayu menyampaikan kepada seluruh jamaah di masjid Al-Muhajirin,kita harus bisa bersyukur dalam kondisi apapun juga.
  

Maulid Nabi adalah peringatan atau perayaan yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi biasanya diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Pada tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023.
 
Peringatan Maulid Nabi merupakan sebuah ungkapan kegembiraan dan kesenangan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Diceritakan bahwa orang kafir pun mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu. Hal ini tergambar pada kisah ketika Tsuwaibah, yang merupakan budak perempuan Abu Lahab tengah menyampaikan kabar gembira mengenai kelahiran Sang Cahaya Alam Semesta.

Abu Lahab pun merayakannya sebagai tanda suka cita. Karena inilah, di alam baqa, dia akan diringankan siksanya setiap hari Senin tiba. Kisah tersebut merupakan bentuk rahmat Allah SWT terhadap siapapun yang bergembira dan senang atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, sekalipun itu adalah orang kafir.
 
Makna paling penting dari Maulid Nabi yaitu sebagai salah satu bentuk dakwah dan menguatkan aqidah umat Islam. Selain itu, syiar Islam juga memiliki nilai sosial yang datang dari berbagai pesan baik, bersholawat bersama, atau memuliakan tamu yang datang ke perkumpulan dengan hidangan yang disajikan.

Syiar Islam juga tidak hanya fokus mendengarkan dakwah semata, melainkan dapat dilakukan dengan cara yang menarik, seperti umat Islam makan bersama setelah kajian. Kebersamaan itulah yang menjadi hikmat saat memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.
  
Diakhir acara ,penitia masjid Al-Muhajirin memberikan hadiah dan piagam terhadap anak anak yg sudah mengikuti lomba musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat SD SMP sederajat, demi menunjang keterampilan anak yg berkualitas akhlaq didalam pendidikan dan kehidupan sehari sehari.

0 Komentar