Rapat Penetapan Bakal calon dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Desa Cindaga 2023

.
Banyumas-www.suaradaerah.id
Bertempat di Pendopo Kantor Desa Cindaga, pada hari ini (Jumat (15/9/2033), Rapat Penetapan Bakal Calon Memenuhi Syarat Administrasi dan Rapat Penetapan & Pengesahan Daftar Pemilih Tetap, Pemilihan Kepala Desa Cindaga, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas tahun 2023 dilaksanakan.

Hadir dalam acara tersebut, Wahyu Adi Fibrianto (camat Kebasen) dengan didampingi Dwi Prasetiyo (PLT.Kepala Desa Cindaga), Edi Susanto (Ketua Panitia Pilkades), Edi Susilo (Ketua BPD), Kapolsek Kebasen yang diwakili oleh Rusli (Kanit Intel) dan Caroko (Bhabinsa Cindaga), mewakili Danramil dengan dihadiri ketiga Balon (Sukirah, Andi Purwoko dan Eko), unsur Forkopimcam Kebasen, Aiptu Waluyo (Bhabinkamtibmas) berikut beberapa personil TNI dan Polri, Perangkat Desa, anggota BPD, Ketua RW, Linmas dan Panwas berikut anggotanya.

Acara dibuka dengan bacaan Basmalah dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang disusul laporan seksi Penjaringan (Asiz).

Dalam laporanya Asiz membacakan persyaratan normatif bagi para bakal calon dan sekaligus menyampaikan  hasil penjaringan bakal calon,serta melaporkan bakal calon yang telah menenuhi persyaratan yang di susul dengan penetapan ketiga balon sebagai calon tetap.

Sementara dalam pernyataanya, Edi Susanto (Ketua Panitia) menegaskan bahwa menindaklanjuti hasil kerja seksi Penjaringan karena telah memenuhi seluruh persyaratan Normatif sehingga menetapkan, ketiga balon sebagai Bakal Calon Tetap pada Pemilihan Kepala Desa Cindaga 2023.

"Mendasari hasil laporan dari seksi penjaringan, maka Eko, Andi Purwoko dan Sukirah, kami tetapkan sebagai calon tetap dalam Pilkades Cindaga 2023, "tandasnya.

Namun sebelumnya, "Edi Susanto menanyakan, "apakah semua calon sanggup menjaga keamanan, ketertiban dan konfusifitas sampai terselesaikanya pilkades", yang dijawab secara bersamaan oleh ketiga balon "sanggup".
sehingga kemudian langsung dilakukan Penanda tanganan berita acara kesanggupan tersebut dari ketiga calon yang dimulai oleh Edi Santoso diikuti  Andi Purwoko dan Sukirah.

"Diawali dengan pemutahiran data yang melibatkan seluruh ketua RT, yang kemudian dilakukan ferifikasi DPS melaluhi kordinasi dengan perangkat desa dan disusul dengan 4 x sosialisasi dan 2x publikasi, ditetapkan jika dalam Pilkades Desa Cindaga 2023, tercatat : 17 TPS dan 9121 Pemilih tetap ".

Menyusul kemudian, ditindak-lanjuti dengan Penanda tanganan berita Acara penetapan DPT dan "pembacaan ikror deklarasi damai oleh ketiga calon sesuai nomor urut pendaftaran, yang dipandu oleh Hamdan (anggota panitia), yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Mengawali sambutanya, Wahyu Adi Fibrianto mengucapkan selamat dan sekaligus menegaskan kepada ketiga calon untuk berkompetisi secara sehat dengan menjaga keananan, ketertiban dan kondusifitas masyarakat.

"Saya ucapkan selamat kepada ketiga calon, dan sekaligus mengingatkan agar ikror dan berita acara yang barusan ditanda-tangani bisa dilaksanakan dengan baik, "katanya seraya menegaskan, bahwa Pilkades hanyalah sebuah proses dalam memilih seorang Kepala Desa, sehingga semua balon tentunya harus siap kalah, karena dari ketiga calon pasti hanya satu yang terpilih ".

Dan yang terakhir, "Wahyu mengingatkan, bahwa selain ketiga calon, masyarakatpun harus berpatisipasi dan berkontribusi dalam menjaga keamanan, ketentraman dan kondusifitas kehidupan bermasyarakat baik, sebelum, sedang dan Pasca pemilihan. 

"Jagalah kondusifitas, keamanan dan ketertiban agar tetap tercipta harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan beenegara di Desa Cindada.
"Gunakan hak pilih dengan baik, beda pilihan hal yang wajar tapi jangan sampai perbedaan menjadikan perpecahan, terlebih Kebasen merupakan Kecamatan yang paling banyak melakukan prosesi Pilkades yaitu : Cindaga, Tumiyang dan Adisana, "tegasnya.

Sementara dalam sambutanya PLT Kades Cindaga berharap agar setiap tahapan hingga berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Pilkades Cindaga 2023, bisa berjalan aman, tertib dan kondusif.

"Sehubungan ketiga calon memiliki peran penting dalan menciptakan keamanan, ketertiban dan kondusifitas dalam pilkades, maka saya harapkan ketiga calon menempuh cara dan langkah yang elegan dan persuasif untuk mengkondisikan para kader, pendukung dan simpatisanya dengan tidak menghalalkan segala cara terlebih sampai melanggar aturan, "katanya.

Lebih lanjut Dwi Prasetiyo menghimbau agar Panitia, Panwas, BPD dan Pemerintah Desa bekerja dengan baik, sehingga nantinya melahirkan sosok Kepala Desa yang baik agar bisa mewujudkan Tata Laksana Pemerintahan yang baik, untuk membawa perubahan seluruh masyarakat Desa Cindaga ke arah yang lebih baik, "paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Kapolsek Kebasen, Aiptu Rusli menyampaikan bahwa disini dirinya mewakili Kapolsek yang tidak bisa hadir karena beliau sakit.

"Mewakili bapak Kapolsek yang tidak bisa hadir karena sakit, saya hanya berpesan dan sekaligus berharap, seluruh elemen yang ada berikut masyarakat agar tetap berperan aktif sebagai kontribusi untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, baik sebelum, sedang dilaksanakanya, maupun pasca pemilihan ".

Hal yang sama juga disampaikan dalam arahanya oleh Pelda Caroko mewakili Danramil Kebasen.

"Dalam kesempatan ini, mewakili Danramil, saya tidak akan menyampaikan secara panjang lebar karena sudah disampaikan oleh pak.Camat, Kapolsek atau yang mewakili, dan PLT. Kades.
"Yang terpenting, mari kita laksanakan seluruh rangkaian kegiatan Pilkades ini dengan aman, tertib dan kondusif.
Gunakan hak pilihnya dengan penuh rasa tanggung jawab dan jangan sampai perbedaan dalam mendukung salah satu calon menjadi perpecahan, "tandasnya.

Dilain pihak, dalam sambutanya Ketua BPD Cindaga menyatakan jika kami menyampaikan terima kasihnya khususnya kepada Pemerintah desa dan panwas berikut Panitia yg telah berhasil menetapkan calon berikut DPT.

Dijelaskanya bahwa berdasarkan regulasi, pasca penetapan ada masa sanggah, sehingga barangkali ada calon yg keberatan bisa menggunakanya, meski diharapkanya hal tersebut tidak ada yang melakukan.

Disampaikanya jika selaku BPD, dirinya sangat bangga karena ketiga calon siap kalah dan siap menang.
"Cikampek-Himalaya, Panitia sudah capai jangan sampai jadi sulaya, "kelakarnya.

Dipenghujung acara yang berlangsung hikmad tersebut, dilakukan sesi foto bersama ketiga calon dengan camat berikut unsur forkopimcam Kebasen, PLT Kades, Ketua BPD, Ketua Panitia dan Panwas, yang kemudian ditutup dengan pembacaan hamdalah. (Suliyo) www.suaradaerah.id

0 Komentar