Bakti sosial SATBRIMOB POLDA JATENG, Peduli warga terdampak kekeringan dengan distribusi air bersih di Desa Buntu

Cilacap-www.suaradaerah.id

Air merupakan kebutuhan vital bagi keberlangsungan kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup.

Namun akibat kemarau yang cukup panjang dalam beberapa waktu belakangan ini, sehingga Desa Buntu, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dilanda kekurangan akan ketersediaan air bersih.
Pasalnya, selain menurun dratisnya debit air sumur, menyusul air sungaipun sampai sekarang belum mengalir bahkan terlihat kering.

Tentunya bila hal tersebut tidak segera diantisipasi, di khawatirkan akan berpotensi timbulnya permasalahan yang cukup signifikan dalam berbagai aspek yang bisa merusak harmonisasi dalam kehidupan masyarakatnya.

Beruntung sebagai alat negara yang dalam tugasnya selaku penanggung-jawab keamanan dalam Negri, POLRI yang dalam hal ini SATBRIMOB Polda Jateng, melaluhi Kompi satu Batalyon Pelopor Kroya melakukan Bakti Sosial Peduli warga Berdampak Kekeringan dengan mendistribusikan air bersih di Desa Buntu.

Kegiatan penyaluran air bersih tersebut dipimpin langsung oleh AKP. Suprapto SH, Komandan Brimob Kompi satu Batalyon Pelopor (Kroya), dengan di dampingi oleh AKP.Sofyan (Kapolsek Kroya) yang diwakili Iptu Sartono, Rustam SPd (kepala desa buntu) berikut beberapa perangkat desanya, Aipda Endra (Bhabinkamtibmas), Eko Daryanto (Bhabinsa) beserta puluhan anggota TNI-Polri, serta Setiyadi bersama anggota Satpol PP Kecamatan Kroya berikut puluhan anggota Brimob berseragam dinas dan puluhan warga ditiap titik pendistribusian, yang didominasi kaum hawa yang secara antusias, rela mengantri untuk mendapatkan bantuan air bersih tersebut.

Adapun mekanisme penyaluran air, dilakukan dengan menggunakan slang panjang yang terpasang di Mobil Tanki Brimob, yang kemudian ditumpahkan langsung pada ember dan galon warga dengan dibantu puluhan anggota Brimob.
Bahkan selaku Komandan, AKP. Suprapto SH tampak ikut terlibat secara langsung dalam pendistribusian air tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari ini (kamis- 21/9/2023), dengan mengalokasikan 2 mobil Tanki Korp Brimob berisi air bersih (sekitar 8 m3), ke 3 titik, dimulai dari Mushola Darul Najah (RT-05 RW.02), dilanjutkan ke Mushola Nurul Iman (RT-06 RW.02), yang di susul didepan Rumah Pak Dian (RT.03 RW.02).
Sementara untuk Wilayah lain direncanakan akan dilakukan dalam 1--2 hari kedepan.

Hal tersebut diketahui berdasarkan pernyataan Rustam SPd, melaluhi Muhamad Murtado (sekdes) yang disampaikan didepan warga di salah satu tempat yang rencananya sebagai salah satu titik pendistribuan air di RT.02 RW.02.

"Maaf, mendasari informasi & perintah dari pak Kades, untuk pendistribusian air bersih dari Brimob di titik ini dan beberapa titik yang lain, hari ini belum bisa dilaksanakan, sehubungan keterbatasan air yang tersedia, "katanya.

Namun, "Murtado menjelaskan, "seluruh Ember dan galon yang sudah ditata dan tersedia, biarkan tetap disini, karena dalam 1 - 2 hari kedepan pendistribusian air bersih akan kembali dialokasikan.

Dari berbagai warga yang telah menerima bantuan, diketahui jika mereka sangat berterima kasih atas kehadiran dan bantuan air bersih dari Korp Brimob tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak polisi khususnya SATBRIMOB POLDA JATENG kompi 1 bataliyon pelopor (Kroya) yang telah bermurah hati memberikan bantuan air bersih, "kata beberapa warga, seraya menambahkan, "bantuan air bersih ini sangat berarti bahkan sangat membantu kami ditengah kekeringan yang melanda, pasca terjadinya kekeringan pada sumur dan tidak mengalirnya air di sungai berikut saluran-saluran air yang ada disini, "kata mereka.

Lebih lanjut mereka menambahkan jika baru ditahun ini, menerima bantuan air bersih, sehingga atas kebaikanya, kami doakan semoga semua anggota yang terlibat, dijaga kesehatanya, dimudahkan & dimurahkan rejekinya, serta lelah dan letihnya bernilai ibadah dihadapan Allah.
Sedangkan untuk Polri di seluruh Indonesia semoga kedepan semakin jaya, "pungkasnya.

Sementara dalam pernyataanya, AKP Suprapto SH, didampingi Rustam SPd dan Iptu Sartono disebelah kananya, berikut Setiadi dan Sertu Tarwanto disebelah kirinya, berharap semoga kegiatan Penyaluran air bersih ini bermanfaat untuk masyarakat.

"Kami dari Sat Brimob Kompi satu Batalyon Pelopor datang bersama instansi terkait, melaksanakan kegiatan bakti sosial Brimob Peduli, berupa Pembagian pemberian air bersih di Desa Buntu, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap ".

Ditegaskanya, "dalam kegiatan ini, kami menerjunkan 1 unit Mobil Water Treatment, air siap saji, siap minum serta 1 unit Mobil Water Canon dan 1 unit (1 tanki) air bersih ".

Diharapkanya, "mudah-mudahan dalam kegiatan ini dapat bermanfaat dan sekaligus meringankan beban masyarakat, "pungkasnya (suliyo) www.suaradaerah.id

0 Komentar