Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa Unsur Sekretariat Jabatan Kepala Urusan Keuangan dan Unsur Kewilayahan Jabatan Kepala Dusun Glagah Wangi, Desa Danasri Kidul


Cilacap-suaradaerah.id
Pada hari ini, Senin (14/8/2023), bertempat di Pendopo Kantor Desa Danasri-Kidul, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, "Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perangkat Desa Jabatan Kepala Dusun (Kadus) dan Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Danasri Kidul dilaksanakan.

Hadir dalam acara tersebut, Misran SH MH (camat), AKP Sutono (Kapolsek), yang diwakili oleh Iptu.Triyono, Kapten Agus Sudarso (Danramil), berikut Unsur Forkopimcam Nusawungu yang lain, Panwas Nusawungu, serta Saryo (Kepala Desa Danasri Kidul) beserta Jajaran Perangkat Desanya, Team Penggerak PKK, BPD, LPPMD, Ketua Panitia berikut anggota, Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW dan Kedua Perangkat Desa terlantik, Nining Dwi Ariningsih SE (Kaur Keuangan) dan Akhmad Basuki SAg (Kadus) serta Tamu undangan.

Acara dibuka dengan bacaan "Basmalah" yang dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya disusul dengan Pembacaan Surat Keputusan Kepala Desa Danasri Kidul, di ikuti Pengambilan Sumpah Jabatan dan Penanda tanganan Naskah Berita Acara Sumpah Jabatan disaksikan Turamin (BPD) dan Sukmadi (LPPMD), menyusul kemudian, Kata Pelantikan serta Penyerahan Surat Keputusan Kepala Desa kepada kedua Perangkat terlantik.

Dalam sambutanya, Saryo menyampaikan rasa terima-kasihnya kepada seluruh hadiran, sekaligus mengucapkan selamat kepada kedua Perangkat Desa terlantik.

"Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Camat, Danramil, Kapolsek atau yang mewakili, BPD, LPPMD, Panitia beserta anggotanya, Team Penggerak PKK dan seluruh hadirin, dan tidak ketinggalan, saya juga mengucapkan selamat kepada kedua terlantik".

Mulai besok, "kata Sayo mengingatkan, "kedua terlantik harus mulai berdinas dengan baik & tepat waktu mengingat absensi sudah menggunakan "Finger pring".

Lebih lanjut Saryo menegaskan jika dalam prosesi Pengisian Kedua formasi tersebut, Pemerintah Desa berikut Panitia sudah bekerja netral, transparan dan tidak ada rekayasa, "tandasnya.

Sementara sebelum menyampaikan arahanya Misran SH MH, mengucapkan 
 "yel-yel", sebagai penyemangat yaitu "merdeka yang dijawab "merdeka" dan "Cilacap" dijawab "bercahaya" serta "kancing merah" dijawab "sukses" oleh semua hadirin.

"Pertama, saya sampaikan terima kasih terhadap seluruh hadirin, dan tak ketinggalan saya juga ucapkan selamat kepada kedua terlantik, dengan harapan kehadiranya bisa meningkatkan, baik dalam Tata Laksana Pemerintahan maupun Pelayanan masyarakat, "katanya.

Diingatkanya khusus Kaur Keuangan mengingat berasal dari Adipala, karena sudah ada komitmen "Perangkat Desa Danasri Kidul harus berdomisili di desa Danasri Kidul", sehingga segera menyiapkan diri pindah tempat tinggal.

Sedangkan untuk Kadus, mengingat tugasnya membantu Kades dalam Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan dan Perberdayaan untuk segera berinteraksi dengan warganya agar bisa menampung aspirasi dan menggali potensi yang ada  di Wilayahnya.

Dijelaskanya bahwa menjadi Perangkat Desa itu tidak bisa kaya karena sudah diukur dan ditetapkan Penghasilanya, baik "siltap maupun Tamsilnya"
Apalagi selama kepemimpinan saya, akan menerapkan integritas buat seluruh desa agar tidak timbul Penyalah-gunaan dalam Penggunaan APBDes, sehingga  korupsi tidak akan terjadi.

Makanya, "kata Misran menambahkan, "baik Kades maupun Perangkat tidak boleh main proyek, sehingga klo seandainya terlantik dan siapapun perangkat yang tidak sanggup, silahkan mengundurkan diri, mengingat beberapa waktu lalu bupati turun lapangan mengecek hasil pekerjaan proyek yang mengharuskan saya ikut mengukur volume pekerjaan, "tegasnya.

Lebih lanjut Misran menjelaskan, "di tahun 2024, Kabupaten Cilacap "ZERO" Stunting, sehingga Program Kancing Merah", harus terus digalakan, terlebih berdasarkan data, "Virus HIV" di Kecamatan Nusawungu terus meningkat sehingga semua pihak, khususnya para orang tua harus meningkatkan pengawasan kepada anak-anaknya.

Ada kabar gembira, "kata Misran menjelaskan, "tahun ini ada 17 desa yang mendapatkan sarana dan prasarana, karena telah lunas dalam pembayaran PBB, baik Komputer berikut Printer maupun Laptop.
Makanya teruslah digalakan Program "orang bijak taat bayar pajak, "pungkasnya.

Dipenghujung acara dibacakan doa yg dipimpin oleh H. Imam Ali Udin SAg, Kepala KUA Kecamatan Nusawungu yang disusul dengan pemberian ucapan selamat kepada kedua terlantik dimulai oleh camat dan undur forkopimcam Nusawungu, di ikuti oleh Sariyo berikut seluruh jajaran Perangkatnya serta seluruh hafirun (Suliyo) suaradaerah.id

0 Komentar