Nursalim Turatea Ketua IWO Indonesia Kepri Kultum Subuh di Mesjid Baitul Ummah Perumahan OMA Legenda Batam Senter

Nursalim Turatea Ketua IWO Indonesia Kepri Kultum Subuh di Mesjid Baitul Ummah Perumahan OMA Legenda Batam Senter
Batam, suaradaerah.id | Waktu tepat menunjukkan pukul 04.00 WIB, tepatnya pada hari Ahad, 6 Agustus 2023, saya meninggalkan rumah di perumahan Darussalam blok A no 6 Kel Tanjung Piayu Kecamatan Sungai Beduk kota Batam dan menuju mesjid Baitul Ummah Perumahan OMA Legenda untuk memenuhi undangan panitia mesjid dalam membawakan kultum subuh.

Perjalanan ditempuh kurang lebih 30 menit, dan sempat tadarrus Alquran sebelum adzan subuh dikumandangkan.

Sebelum melaksanakan sholat subuh sempat bincang bincang dengan teman sesama anggota PMB Batam kota yang bernama Nasruddin, S.Pd.I dengan nomor BK 90, beliau juga salah satu tenaga pengajar di SD Islam Sabila Perumahan Villa Pesona Asri Batam Senter.

Setelah selesai sholat subuh dan baca doa yang dipimpin langsung oleh imam mesjid Baitul Ummah sayapun langsung dipersilakan bawakan kultum subuh.

Nursalim ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia Provinsi Kepulauan Riau yang juga sebagai anggota muballigh Batam kota kali ini mengangkat tema kultum " Sepuluh hal yang dibenci oleh Allah, yang lahir dari sepuluh golongan.
[6/8 09.58] Nursalim: Rujukan buku saya kali ini adalah Nashaihul Ibad karangan Ibnu Hajar Al Asqalani yang letaknya pada halaman 280.

Adapun sebagian ulama ahli hikmah mengatakan, bahwa ada sepuluh hal yang dibenci oleh Allah yang lahir dari sepuluh golongan tersebut adalah 1. Kikir yang timbul dari orang yang kaya, 2. Sombong yang timbul dari orang yang fakir, 3. Tampak yang timbul dari orang yang fakir, 4. Tidak punya rasa malu dari golongan wanita, 5. Cinta dunia yang timbul dari kakek kakek/ nenek nenek, 6. Malas yang timbul dari kaum remaja, 7. Kecantikan yang timbul dari kalangan raja raja, 8. Pengecut dari kalangan tukang perang, 9. Ujub dari orang orang zuhud dan yang 10. Riya dari kalangan ahli ibadah.

Selama kultum berlangsung semua jamaah yang hadir menyimak kultum dengan baik yang sekali sekali diiringi dengan tawa para jamaah.

Setelah selesai acara ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia Provinsi Kepulauan Riau yang juga anggota Persatuan Muballigh Batam Kota, diajak foto bersama dengan para jamaah dan sekaligus diajak sarapan nasi goreng yang khasiatnya sungguh mengundang selera makan. Terima kasih banyak ustadz atas ilmunya itulah ucapan yang terakhir saya dapatkan dari jamaah sebelum saya meninggalkan mesjid Baitul Ummah. (Nursalim Turatea).

0 Komentar