Kunjungan Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmi ke Lahan Ketahanan Pangan Food Estate Korem 012/TU


Aceh Singkil | www.suaradaerah.id Rabu 02 Agustus 2023
Meulaboh, Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P beserta rombongan mengunjungi lahan Ketahanan Pangan Food Estate Korem 012/TU dalam rangka meninjau demplot program I'M Jagong pada Rabu (2/8).

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja (kunker) di wilayah Korem 012/TU, termasuk ke Kodim 0109/Aceh Singkil, Kodim 0118/Subulussalam, Kodim 0107/Aceh Selatan, dan Kodim 0110/Abdya.

Salah satu poin kunjungan adalah meninjau dan melakukan panen demplot Program I'M Jagung di lahan Food Estate Korem 012 TU sebagai bagian dari program I'M Jagong. Tujuan dari demplot jagung ini adalah untuk menguji dan mempelajari hasilnya, serta memastikan keberhasilan program dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Pangdam IM, Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, menjelaskan bahwa Program IM Jagong adalah program ketahanan pangan yang difokuskan pada komoditi jagung. Total target area yang dituju adalah 3000 hektar, terbagi menjadi tiga wilayah: 1000 hektar di wilayah barat selatan Korem 012/TU, 1000 hektar di wilayah tengah Kodim 0101/Aceh Besar, dan 1000 hektar di wilayah timur Korem 011/Lilawangsa.

Estimasi waktu dari penanaman hingga panen jagung adalah 3 bulan, namun dengan perlakuan khusus 62 hari setelah tanam (HST) Jagung siap dipanen, dengan menggunakan bibit pioner 32. Estimasi hasil panen per hektar diperkirakan mencapai sekitar 8,6 ton. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat, mengurangi inflasi, dan mengatasi stunting. Partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci dalam pelaksanaan program ini.

Pangdam IM, Mayjen TNI Novi Helmy, berharap agar program IM Jagong ini sukses dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta ekonomi daerah. Kerjasama dan dukungan dari semua pihak diharapkan dapat terus berlanjut untuk mencapai tujuan bersama dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapok Sahli Pangdam IM, Danrem 012/TU, Asintel Kasdam IM, Asops Kasdam IM, Aster Kasdam IM, Kapendam IM dan Dandeninteldam IM.tutupnya
( Rayali lingga www.suaradaerah.id)

0 Komentar