Jalan santai", Puncak Kegiatan Semarak Kemerdekaan RI 78 Desa Bangsa


Banyumas-suaradaerah.id
Tidak seperti biasanya, pada hari ini (minggu, 20/8/2023), lapangan "Panti Suko" Desa Bangsa, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, tampil beda dengan beragam ornamen yang menghiasinya.

Selain beragam umbul-umbul terpasang mengitari lapangan, tampak terlihat, 1 panggung besar berdiri kokoh, sebagai "sentral" bagi Panitia memandu kegiatan berikut memberikan hadiah & "Door-prize" serta Organ Tunggal yang menghadirkan artis lokal untuk menghibur seluruh hadirin.

Disebelah kirinya berdiri Panggung Karang Taruna desa tersebut dan didepanya berdiri puluhan stan UMKM, serta di samping kananya ada 3 stan hiburan berikut puluhan pedagang kecil yang berderet sepanjang lapangan, berusaha mengaias rejeki dengan menjajagan beragam barang daganganya serta ratusan pengunjung, baik yang hanya sekedar menonton atau yang ikut berpartisipasi ambil bagian dalam kegiatan yang diselenggarakan.

Mereka semua menyatu dalam "euforia" tanpa sekat dan batas, untuk mengikuti lomba "Jalan Santai", memperingati "Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di desa tersebut.

Disela-sela kesibukanya, tatkala dikonfirmasi kepada Awak Media ini, Kuat Sugiyo, Kepala Desa Bangsa menyatakan jika lomba Jalan Santai ini merupakan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI-78 di desa Bangsa.

"Lomba jalan santai ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI 78 Desa Bangsa, dengan star dan Finish di lapangan "Panti Suko Desa Bangsa, yang dihadiri dan di ikuti oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bangsa serta ratusan peserta yang berasal dari RT/RW, BPD, LPPMD, Perangkat Desa, Satuan Pendidikan (Paud, TK, SD), Karang Taruna, Linmas dan Tokoh Masyarakat" dengan hadiah utama, 2 Mesin Cuci, 1 Sepeda Gunung serta puluhan hadiah hiburan dan "door-prize"

Lebih lanjut Kuat Sugiyo menambahkan jika selain Lomba Jalan Sehat, ada beragam kegiatan yang diselenggarakan pada Peringatan HUT RI-78.
Untuk Tingkat Kecamatan : Upacara, K3L, Tumpeng, Senam Kreasi dan Makanan Dapur Sehat.

Sedangkan untuk tingkat desa, "Kuat Sugiyo memaparkan, "sepak bola, Volley putra-putri, Kasti Putri, Bulutangkis, lomba anak-anak sekolah, Pentas seni dan terakhir lomba jalan sehat yang sedang kita selenggarakan hari ini.

Dijelaskanya, jika seluruh rangkaian kegiatan ini, diketuai oleh Sarwono, Anggota BPD Bangsa, dengan biaya yang bersumber dari APBDes Bangsa 2023 dan Swadaya Masyarakat, dalam rangka melestarikan dan menggali potensi yang ada, baik seni dan ekonomi untuk terus menggeliatkan UMKM, yang sekaligus merupakan pesta rakyat untuk memupuk Nasionalisme, meningkatkan Persatuan dan Kesatuan masyarakat dalam bingkai Perbedaan dengan Semangat "Bhineka Thunggal Ika" yang mengambil tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".


 (Suliyo) suaradaerah.id

0 Komentar