BADAN USAHA MILIK DESA ( BUMDes)Saiyo Lumindai lolos nominasi 7 besar tingkat Sumbar


Sawahlunto,suaradaerah.id
Tim penilai bumdes berprestasi propinsi Sumbar tersebut melaksanakan ferifikasi lapangan ke desa Lumindai pada Senin 31 juli
2023.rombongan tim penilai tersebut Wawako.

Koordinator tim penilai Mirza iswandi dari dinas pemberdayaan masyarakat desa pemprov Sumbar mengatakan pihaknya datang untuk peninjauan lapangan dan wawancara dengan pengelola bumdes serta masyarakat.

Wawako sawahlunto menyampaikan pemko mengapresiasi dan mendukung BUMDES Saiyo,karena terpantau berhasil mengelola dan memanfaatkan potensi potensi sumber daya alam(sda) sumber daya manusia (SDM)didesa tersebut dengan baik.

"Memang harusnya semua bumdes bisa seperti BUMDES Saiyo ini .sda dan sdm di desa terkelola, sehingga masyarakat terbantu dan ikut merasakan pertumbuhan ekonomi kata Wawako.

Komitmen dukungan itu, kedepannya wawako zohirin mengarakan jajaran perangkat daerah untuk bersinergi membantu pengembangan BUMDES tersebut.

"Memang secara langsung BUMDES ini pengelolaannya bukan oleh perangkat daerah namun tentu ada peluang peluang dukungan tidak lansung, nah itu yang bisa dilakukan dalam rangka memaksimalkan potensi BUMDES," kata Wawako.

Dari laporan direktur BUMDES saiyo 
Nella roska Yuliani diketahui BUMDES tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan,yakni sumbangannya ke pendapatan asli desa( pad) lumindai tiap tahun.

"Alhamdulillah,pada 2022 kemaren Bumdes Saiyo mendapatkan uang sebellas juta rupiah.memang secara nominal angkanya belum mencapai ratusan rupiah namun tidak apa apa karena dalam BUMDES tidak mencari keuntungan yang banyak tapi bagaimana masyarakat terbantu dan diiringkan
 usahanya," kata Nella.

Adapun bidang usaha yang dikelola BUMDES Saiyo yakni; foto copy dan alat tulis kantor(ATK) pembayaran online( pulsa token dan lainnya) Pangkalan gas elpiji 3 kg, produksi gula aren, kios pupuk dan minyak wangi dan parfum laundry.

"Kemudian secara hukum, BUMDES saiyo sudah memiliki legalitas yang kuat yaitu karena kami telah memperoleh izin badan Hukum dari kemenkumHam RI," ujar nella.

(Aldes) suaradaerah.id

0 Komentar