Pj Walikota Langsa Ir Said Mahdum Majid Melaunching Kampung Moderasi Beragama (KMB) Kota Langsa


Langsa Aceh - suaradaerah.id
Pj Walikota Langsa Ir Said Mahdum Majid bersama Plt Kakankemenag kota Langsa H. Mawardi, S.Ag melaunching Kampung Karang Anyar sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) Kota Langsa Tahun 2023, Rabu (26/07).

Pada kesempatan tersebut, Said Mahdum mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar Kementerian Agama terkhusus Kementerian Agama Kota Langsa yang senantiasa selalu menjaga almamater dengan baik, dan selalu bersinergi serta menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Langsa.

"Kampung Moderasi Beragama adalah komunitas kehidupan  masyarakat yang keberagaman, suku, ras, warna kulit budaya  pemeluk  dan pemahaman keagamaan yang berbeda yang bersatu hidup rukun  dan damai," katanya.

Dikatakannya, Dasar Hukum pelaksanaan Kampung Moderasi Beragama adalah sesuai dengan Keputusan Menteri Agama  No.92 Tahun 2022 tentang kelompok kerja penguatan program moderasi beragama kementerian agama. Untuk menjaganya dibutuhkan pemahaman  dan kolaberasi yang seragam antara  penduduk desa, pemerintah  dan tokoh agama dan masyarakat. 

Hal tersebut, lanjut dia, juga menjadi tugas dan  fungsi  penyuluh agama Islam dalam menyampaikan   bimbingan dan penyuluhannya.
Peluncuran dan sosialisai kampung moderasi beragama  merupakan langkah penting dalam membangun harmonisasi dan pemahaman keagamaan dalam masyarakat. 

Desa yang menjadi percontohan  ini menjadi bukti nyata akan kekuatan saling menghormati, dialaog  dan kerjasma antar komunitas, keagamaan yang berbeda dalam kehidupan  masyarakat .

"Kami berharap, dengan ditetapkannya Gampong Karang Anyar ini sebagai Kampung Moderasi Beragama, kiranya kita bisa saling menjaga, saling toleransi, saling bergotong royong, sehingga menjadi contoh bagi gampong lainnya yang berada diwilayah  Pemerintah  Kota Langsa," sebut said.

Hal senada disampaikan oleh Plt. Kakankemenag kota Langsa H. Mawardi S.Ag bahwa kampung moderasi beragama didasari peraturan menteri agama nomor : 18 Tahun 2020  tentang Rencana Strategis Kementerian Agama  Tahun 2020 – 2024, Keputusan Menteri Agama  No.92 Tahun 2022
Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 137 Tahun 2023 tentang Pedoman Pembentukan Kampung Moderasi Beragama Tahun 2023.

"Bahwa program Gampong modernisasi beragama merupakan program yang dimiliki kementerian agama Indonesia untuk membentuk sebuah Gampong atau desa dengan sifat toleransi beragama yang tinggi menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat," jelas Mawardi.

Sementara itu geuchik Gampong setempat Ahmad Tukiran menambahkan pemerintahan Gampong selain melaksanakan tugas pemerintah kota juga melaksanakan tugas maupun program pemerintah pusat melalui kementerian agama terutama terkait kerukunan antar umat beragama.

"Ingin saya sampaikan bahwa Gampong Karang Anyar mayoritas penduduknya beragama Islam namun sejak dari dulu baik kerukunan umat beragama maupun ketentraman masyarakat sudah tertanam dengan baik sampai saat ini," imbuh Ahmad Tukiran.

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkompinda, Forkopimcam Langsa Barat, Para Ka.Kua Kecamatan Diwilayah Kankemenag Kota Langsa, perangkat Gp. Karang Anyar, Penyuluh Agama Islam Se-Kota Langsa maupun undangan lainnya.(Fitrah)

Team:  suaradaerah.id

0 Komentar