PANEN JAGUNG DESA LUNTO BARAT MEMPERLUAS WAWASAN PETANI


sawahlunto,suaradaerah.id
Pemerintah desa Lunto barat kecamatan lembah segar meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan petani didesa itu melalui lapangan sekolah 
(SL) tanaman jagung.

Sekretaris desa Lunto barat Rifka Kurnia putri mengatakan sekolah lapang pada dasa wisma air mancur itu diikuti sepuluh orang peserta yang merupakan dari kelompok kelompok tani.

Sekolah lapang ini berlangsung selama 12 kali pertemuan.dengan demplot (lahan percontohan)kurang dari satu hektar ," kata Rifka.

Disebutkan Rifka ,pemdes Lunto barat memfasilitasi peserta sekolah lapang tersebut dengan dukungan antara lain transportasi dan konsumsi dan lain lain.

"Selain memfasilitasi peserta, pemdes Lunto barat juga menyediakan sarana produksi berupa bibit dan pupuk.totalnya untuk Abdes dialokasikan 47 juta untuk fasilitasi dan sarana produksi sekolah lapang ini," kata Rifka.

Kepala bidang tanaman pangan dan holtikultura dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan kota Sawahlunto yunismar tita menyampaikan pihaknya mendukung sekolah lapang itu dengan menyediakan infrastruktur yaitu dari jajaran penyuluh lapangan.

Wawako sawahlunto menghadiri lansung panen raya sekolah lapang panen jagung tersebut pada Selasa 18 Juli 2023.

" Apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah desa Lunto barat atas keberpihakan kepada petani dengan sekolah lapang ini.
Terimah kasih juga kepada masyarakat yang telah mengikuti sekolah lapang ini dengan penuh semangat," kata Wawako.

(Aldes/Yanto) suaradaerah.id

0 Komentar