FINAL SERI I KEJURNAS PORDASI KE- 57 SUKSES DI PACUAN KUDA KANDI SAWAHLUNTO KETUA KONI PUSAT SAMPAI GUBERNUR SAMPAIKAN APRESIASI

 
Sawahlunto,suaradaerah.id

Gelanggang pacuan kuda kandi sawahlunto sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan juara seri I kejuaraan nasional persatuan olahraga berkuda nasional seluruh Indonesia(kejurnas Pordasi) ke -57 tahun 2023, yang babak finalnya dilaksanakan pada Minggu 30 juli 2023.

Apresiasi atau pujian untuk gelanggang pacuan kuda kandi disampaikan oleh ketua KONI Pusat 
Marciano Norman, ketua Umum Pengurus Pusat(PP) Pordasi Triwatty Marciano, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah,juga panitia dan insan insan pecinta pacu kuda yang datang dari berbagai provinsi dari Indonesia.

Walikota Sawahlunto Deri asta,yang juga dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua Umum Pemprov Pordasi Sumbar, menyampaikan terima kasih atas apresiasi /pujian dari banyak pihak untuk gelanggang pacuan kuda kandi kota Sawahlunto tersebut.

"Alhamdulillah, gelanggang pacuan kuda yang unik dan penuh sejarah ini berhasil memberikan penyelenggaraan pacuan yang baik dan lancar.tentu ini bisa terjadi dengan kerjasama dan dukungan banyak pihak, termasuk masyarakat sawahlunto,"kata wako.

Disampaikan wali kota Deri , sebelumnya gelanggang pacuan kuda kandi mulai digunakan sebagai tuan rumah pacuan kuda tingkat nasional pada tahun 2006 2010 dam 2019.

" Gelanggang pacuan kandi ini memiliki keunikan yakni karena sejarahnya yang berasal dari lahan reklamasi bekas tambang batu bara,"kata wako.

Dijelaskan wali kota Deri asta, gelanggang tersebut mempunyai venue bertaraf nasional dengan luas lahan 39 hektare kemudian didukung panjang trek lintasan sepanjang 1.400 meter, lebar 20 meter, ditambah fasilitas kandang kuda sebanyak 150 .

Menurut wali kota deri,menjadi tuan rumah kejurnas pordasi ke- 57 seri I ini memberikan manfaat pada sawahlunto, termasuk pada masyarakat sekitar yakni secara lansung dan tidak lansung menumbuhkan perekonomian.

" Sejak babak penyisihan lalu,itu diikuti sebanyak sembilan provinsi kemudian pada babak final ini ditambah panitia dan penonton, manfaatnya bagi masyarakat didapat melalui transaksi jasa transportasi, akomodasi dan UMKM,"kata wakko.

(Aldes) suaradaerah.id

0 Komentar