Dirjen IKMA Kemenperin RI Resmikan Penggunaan Gedung Sentra IKM

Sawahlunto - suaradaerah.id
Akhirnya apa yang diinginkan oleh segenap pelaku UMKM kota Sawahlunto untuk dapat memiliki sarana prasarana berikut fasilitas guna mengembangkan usaha agar dapat bersaing dipasaran terwujud sudah.

Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya penggunaan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pangan Kota Sawahlunto yang berlokasi di depan Kampus UNP Tanah Hitam Desa Kolok Mudik Kecamatan Barangin oleh Direktur Jendral (Dirjen) Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Ir. Reni Yanita, M.Si, Senin 5 Juni 2023.

"Selain sebagai bentuk dukungan dari pemerintah kepada pelaku UMKM yang ada, keberadaan gedung ini juga menjadi salah satu fasilitas pendukung dalam menunjang dunia pariwisata di Kota Sawahlunto" kata Reni Yanita.

"Diharapkan Nantinya para pengunjung yang datang untuk berwisata keberbagai objek wisata yang ada juga bisa menikmati jajanan kuliner produk UMKM lokal yang tak kalah bersaing dengan produk daerah lain baik dalam hal rasa , mutu dan kualitas dengan kemasan yang menarik dan menggugah selera para wisatawan" tuturnya.
Lebih jauh Reni Yanita mengatakan dengan fasilitas yang ada, sentra ini nantinya juga dapat menghasilkan jumlah produk yang setara dengan produksi industri besar.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta dalam kesempatan peresmian gedung sentra IKM tersebut mengatakan bahwa pembangunan gedung ini adalah salah satu bentuk dukungan kepada UMKM di kota Sawahlunto, mulai dari pengolahan, pengemasan hingga promosi dengan menyediakan permesinan serta kemasan yang sesuai standar. 

"Dengan adanya fasilitas yang disediakan, kita berharap dapat memacu semangat para pelaku usaha dalam menghasilkan produk-produk yang dapat bersaing dengan pelaku usaha dari daerah lain dalam era globalisasi ini" kata Deri Asta.

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur IKM PFBB Yedi Sabaryadi, Kepala Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Tekstil Cahyadi, Kepala Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro Siti Rohmah Siregar, Tenaga Ahli Dirjend IKM Iskandar Zulkarnain, Wakil Walikota Zohirin Sayuti, Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto H.Jaswandi, Sekretaris Daerah Ambun Kadri, jajaran Forkopimda, para kepala SKPD Kota Sawahlunto dan para tamu undangan lainnya.

Yanto/ Aldes - suaradaerah.id

0 Komentar