Bersama Marlin, HMR Serahkan Kurban Sapi Berbobot 1 Ton di Masjid Sultan


Batam - suaradaerah.id   

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, menerima hewan kurban dari Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) dalam rangka Hari Raya Iduladha 1444 H yang jatuh hari ini, Kamis (29/6/2023). Sapi jenis Limousin tersebut berbobot 1 ton.

Usai salat Id berjamaah, HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam ini. bersama bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban tersebut yang juga disaksikan oleh sejumlah masyarakat Kota Batam.

Dengan demikian, sapi kurban dari HMR ini menambah jumlah kurban di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi  10 sapi dan 7 kambing. 

Sebagaimana diketahui penyelenggaraan salat Iduladha 1444 Hijriah tingkat Kota Batam, dipusatkan di tiga lokasi. Di antaranya yakni di Dataran Engkuputri, Batamcenter, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Batuaji, dan Masjid Baiturrahman di Seiharapan, Sekupang.

Sedangkan total keseluruhan pelaksaan salat Iduladha tahun ini di Kota Batam, ada 635 titik. Sedangkan untuk hewan kurban, total ada 3.642 ekor dengan rincian 1.187 sapi dan 2.455 kambing.

𝗥𝗶𝗯𝘂𝗮𝗻 𝗝𝗲𝗺𝗮𝗮𝗵 𝗣𝗮𝗱𝗮𝘁𝗶 𝗠𝗮𝘀𝗷𝗶𝗱 𝗦𝘂𝗹𝘁𝗮𝗻
Sebelumnya, ribuan jemaah memadati Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah untuk melaksanakan salat Iduladha 1444 H, bersama HMR dan Marlin, didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam.

Sementara itu, bertindak selaku imam adalah Ustaz Syamsul Efendi, Khatib Ustadz Lukman Rivai, dan bilal Mirwan Priadi.

Dalam sambutannya, HMR menjelaskan bagaimana Iduladha mengajarkan umat Islam akan arti dari pengorbanan yang sesungguhnya kepada Allah SWT, di mana pengorbanan itu tentang bertindak tulus dan ikhlas.

"Nilai berkurban sangatlah penting untuk membuktikan rasa kepedulian ke sesama dan juga rasa takwa kepada Allah," jelasnya.

Menurutnya dengan berkurban, juga menjadi bukti cinta kepada sesama. Karena itu Rudi mengajak agar Hari Raya Iduladha ini dapat dimaknai dan dijadikan momentum pembersihan diri.

Selain itu, HMR juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk terus mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Ia menegaskan, pembangunan di Batam semata-mata demi kesejahteraan masyarakat.

"Selamat Hari Raya Iduladha 1444 H, semoga kita semua dapat terus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," katanya.

𝗠𝗮𝗿𝗹𝗶𝗻 𝗔𝗷𝗮𝗸 𝗠𝗮𝗸𝗻𝗮𝗶 𝗜𝗱𝘂𝗹𝗮𝗱𝗵𝗮 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗦𝗮𝗹𝗶𝗻𝗴 𝗕𝗲𝗿𝗯𝗮𝗴𝗶 
Sementara, dalam sambutannya Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina menjelaskan tentang bagaimana Hari Raya Iduladha mengajarkan kepada kaum Muslim tentang arti kesetaraan. Makna berkurban juga mengajarkan saling berbagi dengan sesama.

Pada kesempatan itu, Marlin juga mengajak seluruh masyarakat Provinsi Kepri pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya untuk sama-sama menjaga ketertiban, keamanan, persatuan dan kesatuan.

"Kami atas nama Pemprov Kepri dan nama pribadi, mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1444 H. Mohon maaf lahir dan bathin," kata Marlin. (Nursalim Turatea) suaradaerah.id

0 Komentar